PERBEDAAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAHAN dan SWASTA
(Rida Farida)
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Sebagaimana kita ketahui bahwa organisasi
bisnis/swasta merupakan entitas yang profit oriented, yaitu organisasi yang mempunyai tujuan menyediakan
atau menjual barang/jasa dengan maksud untuk
memperoleh laba yang akan dinikmati oleh para pemilik atau anggota. Sumber
pendanaannya berasal dari investor, kreditur, dan para anggota. Sedangkan
pemerintah dan organisasi non-profit memiliki tujuan dan layanan yang
berbeda dari entitas bisnis. Tujuan dari pemerintah dan organisasi non-profit adalah
menyediakan layanan untukmeningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Sebagian besar sumber dana yang diperoleh pemerintah dan organisasi non-profit berasal
dari pajak, donasi/sumbangan, hutang, laba
perusahaan negara atau daerah dan sumber lainnya. Seringkali sulit untuk
memperkirakan besarnya keuntungan, manfaat atau imbal balik langsung bagi
masyarakat secara proporsional. Pemerintah sebagai manajemen yang mengelola keuangan
negara memiliki tugas khusus dan dituntut untuk mempertanggungjawabkan
penggunaan sumber-sumber dana tersebut kepada masyarakat selaku
pembayar pajak, donatur, kreditur, dan pihak pihak lain yang berkepentingan.
Di
Indonesia, berbagai organisasi termasuk dalam cakupan sektor publik antara lain
pemerintahan pusat, pemerintahan daerah, sejumlah perusahaan dimana pemerintah mempunyai saham (BUMN dan BUMD),
organisasi bidang pendidikan, organisasi bidang kesehatan dan
organisasi-organisasi massa (Mahsun, Firma dan Andre 2007: 4-5).
Sedangkan Organisasi swasta merupakan
organisasi yang bergerak dibidang pelayanan dan jasa yang kepemilikannya
dibedakan dari membayar barang dan jasa yang dilakukan oleh satu orang atau
lebih yang berorientasi pada keuntungan.
Mardiasmo (2009:8) mengemukakan bahwa organisasi sektor publik memiliki
tujuan utama organisasi untuk memberikan pelayanan publik seperti pendidikan,
keamanan, kesehatan, transportasi dan lain sebagainya. Sedangkan pada sektor
swasta (entitas komersil/bisnis) tujuan utamanya adalah memaksimumkan laba.
Keberadaan organisasi publik dan swasta meskipun memiliki perbedaan
dalam pencapaiannya, namun organisasi tersebut tetap harus
mempertanggungjawabkan semua kegiatan yang telah dilakukan. Salah satu bentuk
pertanggungjawaban tersebut yaitu dengan dengan adanya pelaporan kepada pihak –
pihak yang memiliki kepentingan dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Salah satu
bentuk dari laporan tersebut yaitu dengan dibuatnya laporan keuangan oleh
sebuah organisasi tersebut.
Laporan keuangan digunakan sebagai
media informasi keuangan bagi pihak yang berkepentingan untuk membuat sebuah
keputusan, anatara sektor publik maupun swasta dalam pelaporan yang dibuat
tentunya berbeda. Maka melalui makalah ini penulis akan membahas tentang
laporan keuangan sektor publik dan swasta dari sudut yang berbeda.
B.
Rumusan Masalah
Adapun permasalahan yang dapat
penulis rumuskan yaitu :
1.
Apa tujuan dan
fungsi laporan keuangan bagi sektor
publik dan sektor swasta ?
2.
Siapa saja pengguna
laporan keuangan pada sektor publik dan
sektor swasta ?
3.
Bagaimana jenis
dan bentuk dari laporan keuangan beserta penerapannya di sektor publik dan
sektor swasta ?
C.
Tujuan
Makalah ini bertujuan untuk memberikan
informasi mengenai perbedaan pelaporan keuangan sektor publik dan sektor
swasta.
D.
Metode
Penulisan
Dalam penulisan makalah ini, penulis
menggunakan metode kajian kepustakaan yaitu dengan menggunakan teori-teori yang relevan dari buku mengenai
pelaporan keuangan sektor publik dan swasta.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Tujuan Pelaporan Keuangan Pemerintah
Dalam Concepts Statement Nomor 1 tentang tujuan dari pelaporan keuangan, GASB
menyatakan bahwa akuntabilitas merupakan tujuan dari pelaporan keuangan pemerintah.
Pemerintah harus menunjukkan akuntabilitasnya dalam mempertanggungjawabkan
kepada masyarakat mengenai pengelolaan dan pengalokasian
sumber-sumber dana yang diperoleh. Akuntabilitas pemerintah
didasarkan pada kepercayaan bahwa masyarakat mempunyai
hak untuk mengetahui, hak untuk mendapatkan fakta-fakta secara terbuka
dari wakil-wakil rakyat yang telah mereka pilih. Pelaporan keuangan
memainkan
peran yang penting bagi pemerintah dalam menjalankan tugas-tugas dan
pertanggungjawaban kepada publik dalam suatu lingkungan pemerintahan
yang
demokratis.
Tabel di bawah ini menunjukkan beberapa cara
bagaimana laporan keuangan pemerintah
pusat dan daerah digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi, sosial,
dan politik serta penilaian akuntabilitas di Amerika Serikat.
Perbandingan Tujuan Pelaporan Keuangan
Pemerintah dan Organisasi Non-Profit di Amerika Serikat
Pemerintah dan Organisasi Non-Profit di Amerika Serikat
Pemerintah Pusat dan
Daerah |
Pemerintah Federal
|
Organisasi Non-Profit
|
Pelaporan keuangan
digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi, sosial, dan politik serta penilaian akuntabilitas terutama dengan: • Membandingkan hasil keuangan aktual dengan |
Pelaporan keuangan
hendaknya dapat membantu mencapai akuntabilitas dan dimaksudkan untuk membantu pengguna laporan dalam mengevaluasi: • Integritas anggaran • Kinerja operasi |
Laporan keuangan
hendaknya menyediakan informasi yang berguna dalam: • Pembuatan keputusan alokasi sumber daya • Penilaian management stewardship dan kinerja |
anggaran yang telah
ditetapkan • Menilai kondisi keuangan dan hasil operasi • Menilai kepatuhan dengan keuangan yang dihubungkan dengan hukum, aturan, dan regulasi • Penilaian dalam mengevaluasi efisiensi dan efektivitas |
• Stewardship
• Kesesuaian antara sistem dan pengendalian |
• Penilaian
sumber-sumber
ekonomi, kewajiban, kekayaan bersih, dan perubahan-perubahan di dalamnya |
Sumber: GASB Concepts
Statement No. 1, par. 32 |
Sumber: FASB Statement of
Federal Accounting Concepts No. 1 par. 134 |
Sumber: FASB Concepts
Statement No. 4, pp. 19-23 |
Dengan
terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2005 (terbaru adalah PP Nomor 71 Tahun 2010) tentang Standar
Akuntansi Pemerintahan (SAP) di Indonesia,
pemerintah pusat maupun pemerintah daerah wajib menyajikan laporan keuangan dengan mengacu kepada SAP. Tujuan
umum laporan keuangan pemerintah adalah
menyajikan informasi mengenai posisi keuangan, realisasi anggaran, arus kas, dan kinerja keuangan suatu
entitas pelaporan yang bermanfaat bagi para
pengguna dalam membuat dan mengevaluasi keputusan mengenai alokasi sumber daya.
Tujuan
pelaporan keuangan menurut regulasi otoritatif di Indonesia, yaitu PP 71 Tahun 2010, menyatakan bahwa pelaporan keuangan
pemerintah seharusnya menyajikan informasi
yang bermanfaat bagi para pengguna dalam menilai akuntabilitas dan membuat keputusan baik keputusan
ekonomi, sosial, maupun politik dengan: (a)
menyediakan informasi tentang sumber, alokasi dan penggunaan sumber daya keuangan; (b) Menyediakan informasi mengenai
kecukupan penerimaan periode berjalan untuk membiayai
seluruh pengeluaran; (c) Menyediakan informasi mengenai jumlah sumber daya ekonomi yang digunakan
dalam kegiatan entitas pelaporan serta
hasil-hasil yang telah dicapai; (d) Menyediakan informasi mengenai bagaimana entitas pelaporan mendanai
seluruh kegiatannya dan mencukupi kebutuhan
kasnya; (e) Menyediakan informasi mengenai posisi keuangan dan kondisi entitas pelaporan berkaitan
dengan sumber-sumber penerimaannya, baik
jangka pendek maupun jangka panjang, termasuk yang berasal dari pungutan pajak dan pinjaman; (f)
Menyediakan informasi mengenai
perubahan posisi keuangan entitas pelaporan, apakah mengalami kenaikan atau
penurunan, sebagai akibat kegiatan yang dilakukan selama periode pelaporan.
perubahan posisi keuangan entitas pelaporan, apakah mengalami kenaikan atau
penurunan, sebagai akibat kegiatan yang dilakukan selama periode pelaporan.
Untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut,
laporan keuangan menyediakan informasi mengenai
sumber dan penggunaan sumber daya keuangan/ekonomi, transfer, pembiayaan, sisa lebih/kurang pelaksanaan
anggaran, saldo anggaran lebih, surplus/defisit-Laporan
Operasional (LO), aset, kewajiban, ekuitas, dan arus
kas suatu entitas pelaporan
kas suatu entitas pelaporan
Tabel di bawah ini merupakan beberapa aspek
perbedaan antara laporan
keuangan pemerintahan dan laporan keuangan entitas bisnis (swasta) menurut
Likierman and Taylor dalam Mahsun dkk. (2006).
keuangan pemerintahan dan laporan keuangan entitas bisnis (swasta) menurut
Likierman and Taylor dalam Mahsun dkk. (2006).
Perbedaan Laporan Keuangan Pemerintah dan
Laporan Keuangan Entitas Bisnis (Swasta)
Laporan Keuangan Entitas Bisnis (Swasta)
Aspek Perbedaan
|
Laporan Keuangan
Pemerintahan |
Laporan Keuangan Entitas
Bisnis (Swasta) |
Fokus Laporan Keuangan
|
Fokus pada masalah finansial
dan politik. |
Fokus pada aspek finansial.
|
Lingkup Laporan Keuangan
|
Pada bagian organisasi.
|
Organisasi secara
keseluruhan. |
Akuntabilitas
|
Pertanggungjawaban ditujukan
pada pihak legislatif/parlemen dan masyarakat. |
Pertanggungjawaban
ditujukan kepada para pemegang saham dan kreditur. |
Orientasi Laporan Keuangan
|
Orientasi pada jangka panjang
karena terkait dengan konsep politik dan kenegaraan. |
Orientasi pada jangka
panjang tidak dapat dilakukan secara mendetail karena dibatasi oleh adanya ketidakpastian pasar. |
Aturan Pelaporan
|
Ditentukan oleh Standar
Akuntansi Pemerintahan (SAP). |
Ditentukan oleh Standar
Akuntansi Keuangan (SAK), pasar modal dan praktek akuntansi. |
Pihak Pemeriksa Laporan
Keuangan |
Diperiksa oleh Badan Pengawas
Keuangan (BPK). |
Diperiksa oleh pihak auditor
independen. |
Penggunaan Dasar
Akuntansi |
Sebagian masih menggunakan
dasar akuntansi kas. |
Sepenuhnya menggunakan
dasar akuntansi akrual. |
TujuBB
bBGhhjsnB
B
BBB
B.
Pengguna
Laporan Keuangan Sektor Publik dan Swasta
1.
Pengguna
Laporan Keuangan Sektor Publik
Dalam pelaporan keuangan, terdapat dua pihak yang
dianggap sebagai pihak utama pengguna laporan keuangan, yaitu pihak intern dan
pihak ekstern. Untuk pihak ekstern, lembaga nirlaba yang termasuk organisasi
publik harus melaporkan Posisi Keuangan, Laporan Aktivitas, Arus Kas dan
Catatan atas Laporan Keuangan. (Pahala Nainggolan, 2007:58)
Sedangkan dalam PP No. 24 tahun 2005 yang
selanjutnya direvisi menjadi PP. 71 Tahun 2010 tentang SAP (Standar Akuntansi
Pemerintah) pengguna laporan keuangan Pemerintah dibagi menjadi empat bagian
yaitu:
a. Masyarakat
b. Para
wakil rakyat, lembaga pengawas dan lembaga pemeriksa
c. Pihak
yang memberi atau berperan dalam proses donasi, investasi dan pinjaman
d. Pemerintah
Sedangkan menurut Serikat Dagang Sektor
Publik GASB (1999, p. B184) pengguna
laporan keuangan sektor publik digolongkan hanya pada tiga kelompok yaitu :
a. Masyarakat
yang kepadanya pemerintah bertanggung jawab
b. Legislatif
dan badan pengawasan yang secara langsung mewakili rakyat
c. Investor
dan kreditor yang memberi pinjaman atau berpartisipasi dalam proses pemberian
pinjaman.
Jadi dapat disimpulkan bahwa pengguna laporan keuangan sektor publik
adalah masyarakat, para wakil rakyat, pengawas, pihak donasi, investasi,
pinjaman, pembayar pajak.
2.
Pengguna Laporan Keuangan Sektor Swasta
Menurut Ahmed Riahi (2006:250)
pengguna laporan keuangan swasta ada lima belas kategori yaitu:
a. Pemegang
saham
b. Kreditor
jangka panjang
c. Kreditor
jangka pendek
d. Analis
dan penasihat yang melayani pihak-pihak diatas
e. Para
karyawan
f. Para
direktur noneksekutif
g. Para
pelanggan
h. Pemasok
i.
Kelompok-kelompok industri
j.
Serikat pekerja
k. Departemen
dan kementerian pemerintahan
l.
Publik
m. Badan-badan
regulatoris
n. Perusahaan-perusahaan
lain, baik domestik dan asing
o. Para
penyusun standar dan riset-riset akademik
Pihak luar atau eksternal juga merupakan
pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan. Yang termasuk dalam
kelompok pengguna laporan keuangan sektor swasta adalah sebagai berikut:
a. Pemegang
saham atau pemilik, berkepentingan untuk mengetahui perkembangan ekuitas mereka
dalam perusahaan atau estimasi perolehan bagian keuntungan yang akan diterima
dalam bentuk dividen atas tiap lembar saham yang dimiliki.
b. Pemerintah,
untuk menentukan jumlah pajak terutang. Akumulasi informasi dan laporan
keuangan perusahaan oleh pemerintah dapat digunakan sebagai salah satu alat
untuk mengukur, meramal dan merencanakan perekonomian nasional, serta potensi
perolehan dan untuk pelayanan publik.
c. Investor
sebagai penyandang dana untuk membiayai proyek tertentu. Investor mengharapkan
keuntungan dari proyek investasinya dalam bentuk pembagian laba.
d. Kreditor,
untuk mengetahui kemampuan perusahaan untuk membayar bunga dan melunasi pokok
pinjaman.
e. Individu
pegawai dan serikat pekerja, untuk menilai keberhasilan mereka bekerja
bersama-sama untuk membentuk kinerja perusahaan secara keseluruhan.
f. Asosiasi
usaha, untuk menilai kinerja rata-rata anggota asosiasi, atau untuk menentukan
standar kinerja dalam lingkungan bisnis yang sejenis.
g. Masyarakat
luas, untuk mengetahui hak-hak masyarakat terhadap keberadaan perusahaan dimana
perusahaan berdiri. (Samryn, 2012:12)
Jadi dapat disimpulkan bahwa pengguna laporan
keuangan sektor swasta adalah pemegang saham atau pemilik, Pemerintah,
Investor, Kreditor, Individu pegawai dan serikat pekerja, Kelompok-kelompok
industri, Asosiasi usaha, pemasok dan
pelanggan, Pemerintah.
C.
Jenis dan
Bentuk Laporan Keuangan
1. Jenis dan Bentuk
Laporan Keuangan Sektor Publik
a.
Jenis Laporan
Keuangan Sektor Publik
Di Indonesia (sesuai UU Nomor
17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan UU Nomor 1
Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara), laporan keuangan pemerintah pokok setidak-tidaknya terdiri atas Laporan Realisasi
Anggaran
(LRA), Neraca, Laporan Arus Kas (LAK), dan Catatan atas Laporan
Keuangan (CaLK). Di samping
menyajikan keempat laporan keuangan pokok tersebut, suatu entitas pelaporan diperkenankan menyajikan Laporan Kinerja
Keuangan berbasis akrual dan Laporan Perubahan Ekuitas. Dalam
pembahasan ini akan menjelaskan komponen yang ada pada neraca sektor publik dan
swasta.
Fungsi neraca saldo
salah satunya adalah untuk memeriksa kebenaran pencatatan dalam jurnal dan buku besar dengan melihat apakah
jumlah debet dan jumlah kredit sama besar.
Namun, apabila jumlah debet dan kredit ternyata tidak sama besar, mungkin saja telah terjadi beberapa kesalahan
teknis dalam membuat neraca saldo
Pada gambar dibawah ini dapat dilihat contoh laporan neraca Pemerintah.
bhhjjjjhjjkjj• Pembuatan
keputusan
ekonomi,
sosial,
maupun
politik
Tujuan Pelaporan Keuangan Khusus, menyediakan informasi mengenai
• sumber, alokasi dan penggunaan sumber daya keuangan
• kecukupan penerimaan periode berjalan untuk membiayai seluruh pengeluaran
• jumlah sumber daya ekonomi yang digunakan dalam kegiatan entitas pelaporan serta hasil-hasil
yang telah dicapai
• bagaimana entitas pelaporan mendanai seluruh kegiatannya dan mencukupi kebutuhan kasnya
• posisi keuangan dan kondisi entitas pelaporan berkaitan dengan sumber-sumber penerimaannya,
baik jangka pendek maupun jangka panjang, termasuk yang berasal dari pungutan pajak dan
pinjaman
• perubahan posisi keuangan entitas pelaporan, apakah mengalami kenaikan atau penurunan,
sebagai akibat kegiatan yang dilakukan selama periode pelaporan.
Akuntansi Pemerintah,
menyediakan ran
• Laporan Realisasi Anggaran
• Laporan Saldo Anggaran Lebih
• Neraca
• Laporan Arus Kas
• Laporan Operasional
• Laporan Perub Ekuitas
keputusan
ekonomi,
sosial,
maupun
politik
Tujuan Pelaporan Keuangan Khusus, menyediakan informasi mengenai
• sumber, alokasi dan penggunaan sumber daya keuangan
• kecukupan penerimaan periode berjalan untuk membiayai seluruh pengeluaran
• jumlah sumber daya ekonomi yang digunakan dalam kegiatan entitas pelaporan serta hasil-hasil
yang telah dicapai
• bagaimana entitas pelaporan mendanai seluruh kegiatannya dan mencukupi kebutuhan kasnya
• posisi keuangan dan kondisi entitas pelaporan berkaitan dengan sumber-sumber penerimaannya,
baik jangka pendek maupun jangka panjang, termasuk yang berasal dari pungutan pajak dan
pinjaman
• perubahan posisi keuangan entitas pelaporan, apakah mengalami kenaikan atau penurunan,
sebagai akibat kegiatan yang dilakukan selama periode pelaporan.
Akuntansi Pemerintah,
menyediakan ran
• Laporan Realisasi Anggaran
• Laporan Saldo Anggaran Lebih
• Neraca
• Laporan Arus Kas
• Laporan Operasional
• Laporan Perub Ekuitas
Pada bentuk neraca saldo sektor publik pada asset lancar terdiri dari kas
dan piutang yang sifatnya liquid, terdapat inventasi jangka panjang , asset
tetap namun terdapat perbedaan pada ekuitas, ekuitas tersebutdibagi menjadi
ekuitas dana lancar, ekuitas dana investasi, dan ekuitas dana cadangan .
b.
Jenis Laporan
Keuangan Sektor Swasta
Neraca (Laporan Posisi Keuangan), Laporan laba rugi, Laporan
perubahan ekuitas/modal, Laporan arus kas, Catatan atas laporan keuangan
Sedangkan pada sektor swasta untuk pencatatan
sama seperti pada sektor pemerintahan, namun dalam nama akun setiap sub banyak
yang perbedaan seperti halnya pada sektor swasta dalam neraca terdapat goodwill
yaitu nilai selisih dari harga beli.
Pada gambar
dibawah ini dapat dilihat contoh laporan neraca sektor swasta.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
Laporan keuangan Organisasi sektor publik dan organisasi sektor
swasta memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaan tersebut terdapat pada
perumusan tujuan dari Laporan keuangan kedua organisasi yang sama-sama
bertujuan untuk memberikan informasi keuangan kepada berbagai pihak
berkepentingan (intern maupun ekstern) untuk pengambilan keputusan. Dilihat
dari para pengguna, maka pemakai laporan keuangan sektor publik lebih luas
dibandingkan dengan sektor swasta.
Namun dari segi jenis pelaporan keuangan lebih banyak pada sektor
publik terdiri atas Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, Laporan Arus Kas (LAK), dan Catatan atas Laporan
Keuangan (CaLK). Di samping
menyajikan keempat laporan keuangan pokok tersebut, suatu entitas pelaporan diperkenankan menyajikan Laporan Kinerja
Keuangan berbasis akrual dan Laporan Perubahan Ekuitas.
Sumber
:
https://www.academia.edu/12007113/perbedaan_laporan_keuangan_sektor_swasta_dan_sektor_publik
https://hernihernawati.files.wordpress.com/2015/05/akuntansi-pemerintahan-indonesia-jilid12.pdf
Kami telah mendengar banyak sekali cerita tentang pemberi pinjaman daring palsu yang akhirnya menipu orang-orang yang tidak bersalah dengan uang hasil jerih payah mereka semua dengan penyaluran pinjaman kepada mereka secara daring, mereka datang dengan segala macam tuduhan hanya untuk menipu orang yang tidak bersalah, tetapi kejahatan berkembang ketika baik terus bisu, thats mengapa di perusahaan pinjaman rossa stanley kami telah memutuskan untuk mengejar mereka dari sini dengan keluar dengan proses pinjaman nyata dan asli, di rossastanleyloancompany kami menawarkan pinjaman kecil dan berat untuk,
BalasHapusIndividu,
Tubuh Corperate,
Bank kecil,
Kontraktor,
Petani ,
Siswa,
Tidak peduli apa pun kebutuhan keuangan Anda, perusahaan pinjaman rossa stanley yang didukung oleh UNESCO di sini untuk mengembalikan kewarasan ke dunia pinjaman, untuk kebutuhan keuangan Anda, tidak peduli seberapa kecil atau besar yang menjangkau kami sekarang untuk tanggapan langsung atas
Teks & Panggilan hanya +1213153118
Whatsapp hanya +19145295708
Email rossastanleyloancompany@gmail.com
Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% standar
Kami memiliki kesaksian di mana-mana tidak takut, kami keluar untuk membantu Anda dengan tantangan keuangan Anda menghubungi kami hari ini dan Anda akan senang Anda lakukan.
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
HapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
Nama saya Bakti Novita, saya berasal dari Bekasi sebuah kota di Jawa Barat, Indonesia, yang terletak di perbatasan timur Jakarta di dalam wilayah metropolitan Jakarta, beberapa bulan yang lalu saya tersedot ke dalam situasi keuangan yang buruk dan saya membutuhkan pinjaman mendesak untuk membayar tagihan dan kembali ke keuangan saya secara finansial karena situasi keuangan saya saat ini sehingga bank saya menolak memberi saya pinjaman, dia pergi dengan opsi lain untuk mencari pinjaman tanpa jaminan secara online, saya adalah korban penipuan dalam proses penelitian saya , dan saya kehilangan hampir EUR 1500 dan saya dalam kesulitan dan saya hampir berharap untuk mendapatkan pinjaman sampai saya menemukan pos online, postingan itu dibagikan kesaksian oleh Ratu Jamillah dari Surabaya, yang menunjukkan bagaimana dia menerima pinjaman sebesar € 50.000 dari KREDIT UNION DAYA LESTARI / ISKANDAR PINJAMAN LESTARI. setelah membaca posting, saya memutuskan untuk menghubungi Ibu Iskandar melalui email yang dibagikan di pos, permintaan tanpa jaminan saya untuk pinjaman sebesar EUR 350.000 disetujui dalam waktu 72 jam dari permintaan saya dan pinjaman saya dibayarkan ke rekening bank saya tanpa kelalaian apa pun. Saya ingin menyampaikan penghargaan saya yang dalam dan saya juga merekomendasikan agar pemohon pinjaman sangat waspada karena ada banyak penipu yang tujuan utamanya adalah untuk mendorong peminjam yang tidak bersalah, jadi Anda harus berhati-hati dan waspada. bagi mereka yang membutuhkan pinjaman yang nyata dan dapat dipercaya sebagai penerima manfaat, saya merekomendasikan KREDIT UNION DAYA LESTARI / ISKANDAR LESTARI, Anda dapat menghubungi mereka melalui info kontak berikut.
BalasHapusBBM INVITE: {D8980E0B}
WhatsApp Only :: {33753893351}
e-mail: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang Bisnisnya baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur kepada Christabel Missan.
BalasHapusJika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
Instagram ': christabelmissan
Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur lianmeylady@gmail.com
Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur +15614916019
Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang Bisnisnya baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur kepada Christabel Missan.
BalasHapusJika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
Instagram ': christabelmissan
Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur lianmeylady@gmail.com
Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur +15614916019
Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik
BalasHapusContact Details:
e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
WhatsApp:::+6282274045059
Company::Iskandar Lenders"""""
Loan Amount:::Rp.700juta
Name:::::Angga Annisa
Country::::Indonesia
Occupation:Trader
Year:April,2020
Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar