Jumat, 03 Maret 2017

PERBEDAAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAHAN dan SWASTA

PERBEDAAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAHAN dan SWASTA
(Rida Farida)
                                                                                               
                                                                                                BAB I
                                                                                     PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
      Sebagaimana kita ketahui bahwa organisasi bisnis/swasta merupakan entitas yang profit oriented, yaitu organisasi yang mempunyai tujuan menyediakan atau menjual barang/jasa dengan maksud untuk memperoleh laba yang akan dinikmati oleh para pemilik atau anggota. Sumber pendanaannya berasal dari investor, kreditur, dan para anggota. Sedangkan pemerintah dan organisasi non-profit memiliki tujuan dan layanan yang berbeda dari entitas bisnis. Tujuan dari pemerintah dan organisasi non-profit adalah menyediakan layanan untukmeningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebagian besar sumber dana yang diperoleh pemerintah dan organisasi non-profit berasal dari pajak, donasi/sumbangan, hutang, laba perusahaan negara atau daerah dan sumber lainnya. Seringkali sulit untuk memperkirakan besarnya keuntungan, manfaat atau imbal balik langsung bagi masyarakat secara proporsional. Pemerintah sebagai manajemen yang mengelola keuangan negara memiliki tugas khusus dan dituntut untuk mempertanggungjawabkan penggunaan sumber-sumber dana tersebut kepada masyarakat selaku pembayar pajak, donatur, kreditur, dan pihak pihak lain yang berkepentingan.

Di Indonesia, berbagai organisasi termasuk dalam cakupan sektor publik antara lain pemerintahan pusat, pemerintahan daerah, sejumlah perusahaan dimana pemerintah mempunyai saham (BUMN dan BUMD), organisasi bidang pendidikan, organisasi bidang kesehatan dan organisasi-organisasi massa (Mahsun, Firma dan Andre 2007: 4-5).
Sedangkan Organisasi swasta merupakan organisasi yang bergerak dibidang pelayanan dan jasa yang kepemilikannya dibedakan dari membayar barang dan jasa yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang berorientasi pada keuntungan.
Mardiasmo (2009:8) mengemukakan  bahwa organisasi sektor publik memiliki tujuan utama organisasi untuk memberikan pelayanan publik seperti pendidikan, keamanan, kesehatan, transportasi dan lain sebagainya. Sedangkan pada sektor swasta (entitas komersil/bisnis) tujuan utamanya adalah memaksimumkan laba.
Keberadaan organisasi publik dan swasta meskipun memiliki perbedaan dalam pencapaiannya, namun organisasi tersebut tetap harus mempertanggungjawabkan semua kegiatan yang telah dilakukan. Salah satu bentuk pertanggungjawaban tersebut yaitu dengan dengan adanya pelaporan kepada pihak – pihak yang memiliki kepentingan dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Salah satu bentuk dari laporan tersebut yaitu dengan dibuatnya laporan keuangan oleh sebuah organisasi tersebut.
Laporan keuangan digunakan sebagai media informasi keuangan bagi pihak yang berkepentingan untuk membuat sebuah keputusan, anatara sektor publik maupun swasta dalam pelaporan yang dibuat tentunya berbeda. Maka melalui makalah ini penulis akan membahas tentang laporan keuangan sektor publik dan swasta dari sudut yang berbeda.

B.     Rumusan Masalah
Adapun permasalahan yang dapat penulis rumuskan yaitu :
1.      Apa tujuan dan fungsi  laporan keuangan bagi sektor publik dan sektor swasta ?
2.      Siapa saja pengguna laporan keuangan pada  sektor publik dan sektor swasta ?
3.      Bagaimana jenis dan bentuk dari laporan keuangan beserta penerapannya di sektor publik dan sektor swasta ?

C.    Tujuan
     Makalah ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai perbedaan pelaporan keuangan sektor publik dan sektor swasta.

D.    Metode Penulisan
     Dalam penulisan makalah ini, penulis menggunakan metode kajian kepustakaan yaitu dengan menggunakan  teori-teori yang relevan dari buku mengenai pelaporan keuangan sektor publik dan swasta.









BAB II
PEMBAHASAN

A.  Tujuan Pelaporan Keuangan Pemerintah
   Dalam Concepts Statement Nomor 1 tentang tujuan dari pelaporan keuangan, GASB menyatakan bahwa akuntabilitas merupakan tujuan dari pelaporan keuangan pemerintah. Pemerintah harus menunjukkan akuntabilitasnya dalam mempertanggungjawabkan kepada masyarakat mengenai pengelolaan dan pengalokasian sumber-sumber dana yang diperoleh.  Akuntabilitas pemerintah didasarkan pada kepercayaan bahwa masyarakat mempunyai hak untuk mengetahui, hak untuk mendapatkan fakta-fakta secara terbuka dari wakil-wakil rakyat yang telah mereka pilih. Pelaporan keuangan memainkan peran yang penting bagi pemerintah dalam menjalankan tugas-tugas dan pertanggungjawaban kepada publik dalam suatu lingkungan pemerintahan yang demokratis.
Tabel di bawah ini menunjukkan beberapa cara bagaimana laporan keuangan pemerintah pusat dan daerah digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi, sosial, dan politik serta penilaian akuntabilitas di Amerika Serikat.
Perbandingan Tujuan Pelaporan Keuangan
Pemerintah dan Organisasi Non-Profit di Amerika Serikat
Pemerintah Pusat dan
Daerah
Pemerintah Federal
Organisasi Non-Profit
Pelaporan keuangan
digunakan dalam
pengambilan keputusan
ekonomi, sosial, dan politik
serta penilaian akuntabilitas
terutama dengan:
Membandingkan hasil
keuangan aktual dengan
Pelaporan keuangan
hendaknya dapat membantu
mencapai akuntabilitas dan
dimaksudkan untuk
membantu pengguna laporan
dalam mengevaluasi:
Integritas anggaran
Kinerja operasi
Laporan keuangan
hendaknya menyediakan
informasi yang berguna
dalam:
Pembuatan keputusan
alokasi sumber daya
Penilaian management
stewardship
dan kinerja
anggaran yang telah
ditetapkan
Menilai kondisi keuangan
dan hasil operasi
Menilai kepatuhan dengan
keuangan yang
dihubungkan dengan
hukum, aturan, dan regulasi
Penilaian dalam
mengevaluasi efisiensi dan
efektivitas
Stewardship
Kesesuaian antara sistem
dan pengendalian
Penilaian sumber-sumber
ekonomi, kewajiban,
kekayaan bersih, dan
perubahan-perubahan di
dalamnya
Sumber: GASB Concepts
Statement
No. 1,
par. 32
Sumber: FASB Statement of
Federal Accounting
Concepts
No. 1 par.
134
Sumber: FASB Concepts
Statement
No. 4, pp.
19-23
  
  Dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2005 (terbaru adalah PP Nomor 71 Tahun 2010) tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) di Indonesia, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah wajib menyajikan laporan keuangan dengan mengacu kepada SAP. Tujuan umum laporan keuangan pemerintah adalah menyajikan informasi mengenai posisi keuangan, realisasi anggaran, arus kas, dan kinerja keuangan suatu entitas pelaporan yang bermanfaat bagi para pengguna dalam membuat dan mengevaluasi keputusan mengenai alokasi sumber daya.
      Tujuan pelaporan keuangan menurut regulasi otoritatif di Indonesia, yaitu PP 71 Tahun 2010, menyatakan bahwa pelaporan keuangan pemerintah seharusnya menyajikan informasi yang bermanfaat bagi para pengguna dalam menilai akuntabilitas dan membuat keputusan baik keputusan ekonomi, sosial, maupun politik dengan:  (a) menyediakan informasi tentang sumber, alokasi dan penggunaan sumber daya keuangan; (b) Menyediakan informasi mengenai kecukupan penerimaan periode berjalan untuk membiayai seluruh pengeluaran; (c) Menyediakan informasi mengenai jumlah sumber daya ekonomi yang digunakan dalam kegiatan entitas pelaporan serta hasil-hasil yang telah dicapai; (d) Menyediakan informasi mengenai bagaimana entitas pelaporan mendanai seluruh kegiatannya dan mencukupi kebutuhan kasnya; (e) Menyediakan informasi mengenai posisi keuangan dan kondisi entitas pelaporan berkaitan dengan sumber-sumber penerimaannya, baik jangka pendek maupun jangka panjang, termasuk yang berasal dari pungutan pajak dan pinjaman; (f) Menyediakan informasi mengenai
perubahan posisi keuangan entitas pelaporan, apakah mengalami kenaikan atau
penurunan, sebagai akibat kegiatan yang dilakukan selama periode pelaporan.
     Untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut, laporan keuangan menyediakan informasi mengenai sumber dan penggunaan sumber daya keuangan/ekonomi, transfer, pembiayaan, sisa lebih/kurang pelaksanaan anggaran, saldo anggaran lebih, surplus/defisit-Laporan Operasional (LO), aset, kewajiban, ekuitas, dan arus
kas suatu entitas pelaporan
Tabel di bawah ini merupakan beberapa aspek perbedaan antara laporan
keuangan pemerintahan dan laporan keuangan entitas bisnis (swasta) menurut
Likierman and Taylor dalam Mahsun dkk. (2006).



Perbedaan Laporan Keuangan Pemerintah dan
Laporan Keuangan Entitas Bisnis (Swasta)

Aspek Perbedaan
Laporan Keuangan
Pemerintahan
Laporan Keuangan Entitas
Bisnis (Swasta)
Fokus Laporan Keuangan
Fokus pada masalah finansial
dan politik.
Fokus pada aspek finansial.
Lingkup Laporan Keuangan
Pada bagian organisasi.
Organisasi secara
keseluruhan.
Akuntabilitas
Pertanggungjawaban ditujukan
pada pihak legislatif/parlemen
dan masyarakat.
Pertanggungjawaban
ditujukan kepada para
pemegang saham dan
kreditur.
Orientasi Laporan Keuangan
Orientasi pada jangka panjang
karena terkait dengan konsep
politik dan kenegaraan.
Orientasi pada jangka
panjang tidak dapat
dilakukan secara mendetail
karena dibatasi oleh adanya
ketidakpastian pasar.
Aturan Pelaporan
Ditentukan oleh Standar
Akuntansi Pemerintahan (SAP).
Ditentukan oleh Standar
Akuntansi Keuangan (SAK),
pasar modal dan praktek
akuntansi.
Pihak Pemeriksa Laporan
Keuangan
Diperiksa oleh Badan Pengawas
Keuangan (BPK).
Diperiksa oleh pihak auditor
independen.
Penggunaan Dasar
Akuntansi
Sebagian masih menggunakan
dasar akuntansi kas.
Sepenuhnya menggunakan
dasar akuntansi akrual.

TujuBB
bBGhhjsnB
B


BBB








B.  Pengguna Laporan Keuangan Sektor Publik dan Swasta
1.    Pengguna Laporan Keuangan Sektor Publik
Dalam pelaporan keuangan, terdapat dua pihak yang dianggap sebagai pihak utama pengguna laporan keuangan, yaitu pihak intern dan pihak ekstern. Untuk pihak ekstern, lembaga nirlaba yang termasuk organisasi publik harus melaporkan Posisi Keuangan, Laporan Aktivitas, Arus Kas dan Catatan atas Laporan Keuangan. (Pahala Nainggolan, 2007:58)
Sedangkan dalam PP No. 24 tahun 2005 yang selanjutnya direvisi menjadi PP. 71 Tahun 2010 tentang SAP (Standar Akuntansi Pemerintah) pengguna laporan keuangan Pemerintah dibagi menjadi empat bagian yaitu:
a.       Masyarakat
b.      Para wakil rakyat, lembaga pengawas dan lembaga pemeriksa
c.       Pihak yang memberi atau berperan dalam proses donasi, investasi dan pinjaman
d.      Pemerintah
Sedangkan menurut Serikat Dagang Sektor Publik GASB (1999, p. B184)  pengguna laporan keuangan sektor publik digolongkan hanya pada tiga kelompok yaitu :
a.       Masyarakat yang kepadanya pemerintah bertanggung jawab
b.      Legislatif dan badan pengawasan yang secara langsung mewakili rakyat
c.       Investor dan kreditor yang memberi pinjaman atau berpartisipasi dalam proses pemberian pinjaman.
     Jadi dapat disimpulkan bahwa pengguna laporan keuangan sektor publik adalah masyarakat, para wakil rakyat, pengawas, pihak donasi, investasi, pinjaman, pembayar pajak.
2.      Pengguna Laporan Keuangan Sektor Swasta
Menurut Ahmed Riahi (2006:250) pengguna laporan keuangan swasta ada lima belas kategori yaitu:
a.       Pemegang saham
b.      Kreditor jangka panjang
c.       Kreditor jangka pendek
d.      Analis dan penasihat yang melayani pihak-pihak diatas
e.       Para karyawan
f.       Para direktur noneksekutif
g.      Para pelanggan
h.      Pemasok
i.        Kelompok-kelompok industri
j.        Serikat pekerja
k.      Departemen dan kementerian pemerintahan
l.        Publik
m.    Badan-badan regulatoris
n.      Perusahaan-perusahaan lain, baik domestik dan asing
o.      Para penyusun standar dan riset-riset akademik
Pihak luar atau eksternal juga merupakan pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan. Yang termasuk dalam kelompok pengguna laporan keuangan sektor swasta adalah sebagai berikut:
a.       Pemegang saham atau pemilik, berkepentingan untuk mengetahui perkembangan ekuitas mereka dalam perusahaan atau estimasi perolehan bagian keuntungan yang akan diterima dalam bentuk dividen atas tiap lembar saham yang dimiliki.
b.      Pemerintah, untuk menentukan jumlah pajak terutang. Akumulasi informasi dan laporan keuangan perusahaan oleh pemerintah dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk mengukur, meramal dan merencanakan perekonomian nasional, serta potensi perolehan dan untuk pelayanan publik.
c.       Investor sebagai penyandang dana untuk membiayai proyek tertentu. Investor mengharapkan keuntungan dari proyek investasinya dalam bentuk pembagian laba.
d.      Kreditor, untuk mengetahui kemampuan perusahaan untuk membayar bunga dan melunasi pokok pinjaman.
e.       Individu pegawai dan serikat pekerja, untuk menilai keberhasilan mereka bekerja bersama-sama untuk membentuk kinerja perusahaan secara keseluruhan.
f.       Asosiasi usaha, untuk menilai kinerja rata-rata anggota asosiasi, atau untuk menentukan standar kinerja dalam lingkungan bisnis yang sejenis.
g.      Masyarakat luas, untuk mengetahui hak-hak masyarakat terhadap keberadaan perusahaan dimana perusahaan berdiri. (Samryn, 2012:12)

Jadi dapat disimpulkan bahwa pengguna laporan keuangan sektor swasta adalah pemegang saham atau pemilik, Pemerintah, Investor, Kreditor, Individu pegawai dan serikat pekerja, Kelompok-kelompok industri,  Asosiasi usaha, pemasok dan pelanggan, Pemerintah.

C.  Jenis dan Bentuk Laporan Keuangan
1.  Jenis dan Bentuk Laporan Keuangan Sektor Publik
a.    Jenis Laporan Keuangan Sektor Publik
Di Indonesia (sesuai UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara), laporan keuangan pemerintah pokok setidak-tidaknya terdiri atas Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, Laporan Arus Kas (LAK), dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK). Di samping menyajikan keempat laporan keuangan pokok tersebut, suatu entitas pelaporan diperkenankan menyajikan Laporan Kinerja Keuangan berbasis akrual dan Laporan Perubahan Ekuitas. Dalam pembahasan ini akan menjelaskan komponen yang ada pada neraca sektor publik dan swasta.
Fungsi neraca saldo salah satunya adalah untuk memeriksa kebenaran pencatatan dalam jurnal dan buku besar dengan melihat apakah jumlah debet dan jumlah kredit sama besar. Namun, apabila jumlah debet dan kredit ternyata tidak sama besar, mungkin saja telah terjadi beberapa kesalahan teknis dalam membuat neraca saldo
Pada gambar dibawah ini dapat dilihat contoh laporan neraca Pemerintah.  

bhhjjjjhjjkjj• Pembuatan
keputusan
ekonomi,
sosial,
maupun
politik
Tujuan Pelaporan Keuangan Khusus, menyediakan informasi mengenai
• sumber, alokasi dan penggunaan sumber daya keuangan
• kecukupan penerimaan periode berjalan untuk membiayai seluruh pengeluaran
• jumlah sumber daya ekonomi yang digunakan dalam kegiatan entitas pelaporan serta hasil-hasil
yang telah dicapai
• bagaimana entitas pelaporan mendanai seluruh kegiatannya dan mencukupi kebutuhan kasnya
• posisi keuangan dan kondisi entitas pelaporan berkaitan dengan sumber-sumber penerimaannya,
baik jangka pendek maupun jangka panjang, termasuk yang berasal dari pungutan pajak dan
pinjaman
• perubahan posisi keuangan entitas pelaporan, apakah mengalami kenaikan atau penurunan,
sebagai akibat kegiatan yang dilakukan selama periode pelaporan.
Akuntansi Pemerintah,
menyediakan ran
• Laporan Realisasi Anggaran
• Laporan Saldo Anggaran Lebih
• Neraca
• Laporan Arus Kas
• Laporan Operasional
• Laporan Perub Ekuitas



Pada bentuk neraca saldo sektor publik pada asset lancar terdiri dari kas dan piutang yang sifatnya liquid, terdapat inventasi jangka panjang , asset tetap namun terdapat perbedaan pada ekuitas, ekuitas tersebutdibagi menjadi ekuitas dana lancar, ekuitas dana investasi, dan ekuitas dana cadangan .

b.    Jenis Laporan Keuangan Sektor Swasta
Neraca (Laporan Posisi Keuangan), Laporan laba rugi, Laporan perubahan ekuitas/modal, Laporan arus kas, Catatan atas laporan keuangan
Sedangkan  pada sektor swasta untuk pencatatan sama seperti pada sektor pemerintahan, namun dalam nama akun setiap sub banyak yang perbedaan seperti halnya pada sektor swasta dalam neraca terdapat goodwill yaitu nilai selisih dari harga beli.
Pada gambar dibawah ini dapat dilihat contoh laporan neraca sektor swasta.











BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Laporan keuangan Organisasi sektor publik dan organisasi sektor swasta memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaan tersebut terdapat pada perumusan tujuan dari Laporan keuangan kedua organisasi yang sama-sama bertujuan untuk memberikan informasi keuangan kepada berbagai pihak berkepentingan (intern maupun ekstern) untuk pengambilan keputusan. Dilihat dari para pengguna, maka pemakai laporan keuangan sektor publik lebih luas dibandingkan dengan sektor swasta.
Namun dari segi jenis pelaporan keuangan lebih banyak pada sektor publik terdiri atas Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, Laporan Arus Kas (LAK), dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK). Di samping menyajikan keempat laporan keuangan pokok tersebut, suatu entitas pelaporan diperkenankan menyajikan Laporan Kinerja Keuangan berbasis akrual dan Laporan Perubahan Ekuitas.



https://hernihernawati.files.wordpress.com/2015/05/akuntansi-pemerintahan-indonesia-jilid12.pdf

6 komentar:

  1. Kami telah mendengar banyak sekali cerita tentang pemberi pinjaman daring palsu yang akhirnya menipu orang-orang yang tidak bersalah dengan uang hasil jerih payah mereka semua dengan penyaluran pinjaman kepada mereka secara daring, mereka datang dengan segala macam tuduhan hanya untuk menipu orang yang tidak bersalah, tetapi kejahatan berkembang ketika baik terus bisu, thats mengapa di perusahaan pinjaman rossa stanley kami telah memutuskan untuk mengejar mereka dari sini dengan keluar dengan proses pinjaman nyata dan asli, di rossastanleyloancompany kami menawarkan pinjaman kecil dan berat untuk,
    Individu,
    Tubuh Corperate,
    Bank kecil,
    Kontraktor,
    Petani ,
    Siswa,
     Tidak peduli apa pun kebutuhan keuangan Anda, perusahaan pinjaman rossa stanley yang didukung oleh UNESCO di sini untuk mengembalikan kewarasan ke dunia pinjaman, untuk kebutuhan keuangan Anda, tidak peduli seberapa kecil atau besar yang menjangkau kami sekarang untuk tanggapan langsung atas

    Teks & Panggilan hanya +1213153118
    Whatsapp hanya +19145295708
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com
    Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% standar


    Kami memiliki kesaksian di mana-mana tidak takut, kami keluar untuk membantu Anda dengan tantangan keuangan Anda menghubungi kami hari ini dan Anda akan senang Anda lakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Nama saya Bakti Novita, saya berasal dari Bekasi sebuah kota di Jawa Barat, Indonesia, yang terletak di perbatasan timur Jakarta di dalam wilayah metropolitan Jakarta, beberapa bulan yang lalu saya tersedot ke dalam situasi keuangan yang buruk dan saya membutuhkan pinjaman mendesak untuk membayar tagihan dan kembali ke keuangan saya secara finansial karena situasi keuangan saya saat ini sehingga bank saya menolak memberi saya pinjaman, dia pergi dengan opsi lain untuk mencari pinjaman tanpa jaminan secara online, saya adalah korban penipuan dalam proses penelitian saya , dan saya kehilangan hampir EUR 1500 dan saya dalam kesulitan dan saya hampir berharap untuk mendapatkan pinjaman sampai saya menemukan pos online, postingan itu dibagikan kesaksian oleh Ratu Jamillah dari Surabaya, yang menunjukkan bagaimana dia menerima pinjaman sebesar € 50.000 dari KREDIT UNION DAYA LESTARI / ISKANDAR PINJAMAN LESTARI. setelah membaca posting, saya memutuskan untuk menghubungi Ibu Iskandar melalui email yang dibagikan di pos, permintaan tanpa jaminan saya untuk pinjaman sebesar EUR 350.000 disetujui dalam waktu 72 jam dari permintaan saya dan pinjaman saya dibayarkan ke rekening bank saya tanpa kelalaian apa pun. Saya ingin menyampaikan penghargaan saya yang dalam dan saya juga merekomendasikan agar pemohon pinjaman sangat waspada karena ada banyak penipu yang tujuan utamanya adalah untuk mendorong peminjam yang tidak bersalah, jadi Anda harus berhati-hati dan waspada. bagi mereka yang membutuhkan pinjaman yang nyata dan dapat dipercaya sebagai penerima manfaat, saya merekomendasikan KREDIT UNION DAYA LESTARI / ISKANDAR LESTARI, Anda dapat menghubungi mereka melalui info kontak berikut.


    BBM INVITE: {D8980E0B}
    WhatsApp Only :: {33753893351}
    e-mail: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus
  3. Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur ​​dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang Bisnisnya baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur ​​kepada Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
    Instagram ': christabelmissan
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur ​​lianmeylady@gmail.com

    Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
    Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur ​​+15614916019

    BalasHapus
  4. Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur ​​dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang Bisnisnya baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur ​​kepada Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
    Instagram ': christabelmissan
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur ​​lianmeylady@gmail.com

    Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
    Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur ​​+15614916019

    BalasHapus
  5. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus